PONOROGO BAKAL JADI SMART CITY DALAM WAKTU DEKAT

admin infopo

admin infopo

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ponorogo,Selasa (21/12/2021). Rapat pemaparan kerja yang dilaksanakan pada, Senin 12 Desember 2021 dibahas tentang rencana Kabupaten Ponorogo untuk menjadi Smart City. Upaya yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo guna untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dimana semua hal bisa dilakukan melalui sebuah perangkat teknologi yang terkoneksi secara online ke seluruh penjuru dunia tentunya memberikan kemudahan akses informasi yang tak terbatas dalam semua bidang. Hal tersebut jika diterapkan di lini kehidupan masyarakat tentunya juga akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

Hal inilah yang mendorong kota-kota besar termasuk Ponorogo untuk berpikir dan mewujudkan sebuah kota pintar, kota cerdas yang akan memberikan kemudahan-kemudahan kepada warganya seiring dengan berkembang dan majunya teknologi. Untuk mewujudkan perikehidupan yang lebih berkualitas dan kota yang berkelanjutan.

Tujuan Ponorogo untuk menjadi Smart City, diantaranya adalah meningkatkan performance-nya, mengurangi biaya dan pemakaian konsumsi, serta untuk terlibat lebih aktif dan efektif dengan warganya. Sedikitnya ada tiga faktor yang berpengaruh dalam Kota Cerdas, yaitu cerdas ekonomi, cerdas sosial, dan cerdas lingkungan.

Demi mewujudkan Ponorogo Smart City, ada beberapa aspek yang harus dipenuhi, aspek tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebuah kota berkinerja baik dengan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas, dan lingkungan hidup.
  2. Sebuah kota yang mengontrol dan mengintegrasi semua infrastruktur.
  3. Kota Cerdas (smart city) dapat menghubungkan infrastuktur fisik, infrastruktur IT, infrastruktur sosial, dan infrastruktur bisnis untuk meningkatkan kecerdasan kota.
  4. Kota Cerdas (smart city) membuat kota lebih efisien dan layak huni.

Semoga rencana Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mewujudkan Smart City segera bisa terealisasi. Selain proses administrasi menjadi lebih mudah, tindak pungli juga akan sangat berkurang. Dengan terwujudkan Smart City semoga dapat memberikan efek yang baik bagi masyarakat dan bukan malah sebalikya.

ANDA MUNGKIN JUGA SUKA

populer

– Advertisement –

ponorogo

Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments