PETANETRA, PETA DISABILITAS KARYA MAHASISWA

admin infopo

admin infopo

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ponorogo, Jumat (31/12/2021). Mahasiswa Universitas Indonesia berhasil menciptakan sebuah aplikasi peta yang memudahkan penyandang disabilitas. Petanetra, Peta khusus yang dibuat untuk memberikan isyarat suara, peringatan tertentu dan juga sebagai penuntun jalan kepada penggunanya.

Pembuatan Petanetra berawal dari Alif Mahardika yang merupakan salah satu mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Teknik Komputer beserta enam orang temanya. Mereka kemudian mempunyai pemikiran untuk membuat sebuah aplikasi mobile untuk memudahkan para penyandang disabilitas.

Pengembangan aplikasi ini sendiri terinspirasi salah satu anggota tim, yakni Graciela, di mana kedua orang tuanya kehilangan penglihatan sejak usia muda. Salah satu kendala besar yang dihadapi ketika bepergian seorang diri menggunakan transportasi publik.

Mereka yang memiliki gangguan penglihatan kerap membutuhkan bantuan seseorang untuk navigasi. Masalahnya, pandemi COVID-19 memaksa orang untuk saling menjaga jarak. Ditambah lagi adanya kekhawatiran dari anggota keluarga soal keselamatan selama perjalanan hingga sampai tujuan.

Berkat kegigihanya, Alif berhasil lolos di Apple Developer Academy setelah melalui berbagai tes dan wawancara. Petanetra berhasil dibawanya kesana, selama kurang lebih 10 bulan Petanetra mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak fitur-fitur baru yang berhasil ditambahkan.

Kendati Alif dan tim sudah lulus dari Apple Developer Academy, mereka tidak akan berhenti mengembangkan aplikasi PetaNetra. Sebab mereka percaya teknologi dapat dipakai mempermudah tunanetra.

Saat ini PetaNetra telah bekerjasama dengan pihak MRT Jakarta untuk memetakan seluruh stasiun dan daerah sekitarnya. Harapannya ke depan, aplikasi ini bisa digunakan untuk area dan layanan publik.

ANDA MUNGKIN JUGA SUKA

populer

– Advertisement –

ponorogo

Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments