TIPS BERKENDARA SAAT HUJAN DAN ANGIN KENCANG

admin infopo

admin infopo

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ponorogo, Sabtu (15/01/2022). Hujan deras dan angin kencang akhir-akhir ini menghantui masyarakat Ponorogo. Bangunan yang rusak serta pohon tumbang  menjadi ancaman yang serius bagi semua orang.

Keadaan seperti ini membuat masyarakat Ponorogo harus ekstra hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan di luar ruangan. Tak luput dari ancaman bahaya, pengguna jalan pun dituntut untuk selalu waspada dengan keadaan sekitar.

berikut adalah tips untuk pengguna jalan saat terjadi hujan deras disertai angin kencang saat berpergian.

  1. Sebelum melakukan perjalanan, usahakan untuk memantau kondisi cuaca terlebih dahulu. Lakukan perjalanan saat kondisi cuaca sedang cerah.
  2. Poin utama yang harus diperhatikan adalah menghindari atau menunda perjalan saat terjadi hujan deras dan angin kencang. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
  3. Apabila terpaksa harus melakukan perjalanan, selalu gunakan alat pelindung diri dan juga pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima.
  4. Menjaga jarak aman dengan pengguna jalan yang lain. Seperti kita ketahaui bahwa kondisi aspal saat hujan menjadi lebih licin dari biasanya. Untuk itu perlu menjaga jarak aman untuk mempermudah kontrol kendaraan.
  5. Selalu waspada dengan kondisi jalan dan keadaan sekitar. Apabila saat kita berkendara melalui jalanan yang samping kiri dan kananya banyak dijumpai pohon besar, kita harus lebih waspada jika terjadi pohon tumbang.
  6. Saat memarkir kendaraan, usahakan memilih tempat yang benar-benar aman demi keselamatan kita.
  7. Yang terakhir yaitu selalu berdoa kepada Allah SWT untuk selalu diberikan keselamatan.

Berikut adalah doanya.

“Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih.

Artinya: “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

“Allahumma innii as’aluka khoiroha wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri maa fiihaa wa syarri maa ursilat bihi.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang terkandung padanya serta kebaikan apa yang dibawanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang ada padanya dan kejelekan apa yang dibawanya.” (HR Al Bukhari)

 

 

ANDA MUNGKIN JUGA SUKA

populer

– Advertisement –

ponorogo

Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments