“NUSANTARA”, IBU KOTA BARU INDONESIA

admin infopo

admin infopo

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ponorogo, Selasa (18/01/2022). Rumor tentang akan dipindahkanya Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke daerah Kalimantan akhirnya terjawab. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia sudah menetapkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi (RUU).

Dengan adanya Undang-Undang tersebut, makam pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan akan segera dilaksanakan. Lokasi yang dipilih menjadi Ibu Kota baru yaitu Kabupaten Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Meski banyak menuai pro dan kontra, pemindahan Ibu Kota akan dilaksanakan tahun ini. Banyak pihak menilai pembahasan Undang-Undang sangat tergesa-gesa. DPR RI hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan untuk menetapkan RUU IKN menjadi Undang-Undang.

Waktu pembahasan yang singkat itulah menjadi titik perdebatan di masyarakat. Dalam Undang-Undang IKN juga disetujui nama “Nusantara” menjadi nama Ibu Kota Negara yang baru. Nama tersebut dipilih dengan alasan sudah dikenal sejak lama oleh dunia.

Menteri Bappenas Suharso Manoarfa mengatakan pemerintah akan melakukan persiapan dan pemindahan IKN secara bertahap. “Kita memiliki kewenangan penyelenggara ibu kita negara sekaligus akan melakukan persiapan dan pemindagan ibu kota negara,” kata Suharso di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (17/1/2022).

Proses pembangunan akan dilaksanakan melalui pengembangan jangka panjang. Kalimantan Timur terpilih menjadi Ibu Kota Negera baru karena lokasinya dianggap strategis. Selain itu daerah Kalimantan dianggap rendah resiko bencana. Pemerintah ingin membuat grativitas ekonomi baru di Indonesia.

Dengan adanya proyek pemindahan Ibu Kota ini Pemerintah berharap kepadatan penduduk akan tidak hanya berfokus di Pulau Jawa. Selain itu, Pemerintah mengharpakan pusat ekonomi tidak hanya fokus di Pulau Jawa.

ANDA MUNGKIN JUGA SUKA

populer

– Advertisement –

ponorogo

Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments